Penukar Ion (Ion Exchanger)

Ion exchanger adalah media (padat) yang digunakan untuk menukar ion tertentu di dalam air, dengan ion lain, sesuai keperluan. Media yang digunakan secara umum disebut zeolit. Pada awalnya, zeolit merupakan bahan alamiah (batuan), namun kini proses ini umumnya menggunakan resin buatan.

Proses penukaran ion yang paling banyak dilakukan adalah penukaran ion Ca++ dan Mg++ (yang sering disebut kesadahan/ hardness) dengan ion Na+. Karena proses ini bertujuan untuk menghilangkan kesadahan (hardness), maka alat untuk proses ini sering disebut softener. Softener umumnya berupa tangki bertekanan, berisi resin yang mengikat ion Na+. Selama proses, ion Na+ akan diganti Ca++ dan Mg++, hingga satu saat resin menjadi jenuh. Proses regenerasi dilakukan untuk menukar Ca++ dan Mg++ dengan Na+, agar resin aktif kembali. Regenerasi ini dilakukan dengan larutan NaCl.

Penukaran ion lain yang banyak dilakukan adalah menukar semua ion positif dengan H+ dan semua ion negatif dengan OH, sehingga didapat air murni. Karena alat ini menghilangkan semua mineral di dalam air, maka sering disebut demineralyzer. Fungsi alat ini sama dengan RO, maka sebutan demineralyzer juga sering digunakan untuk RO. Penukar ion demineralyzer menggunakan dua macam resin, yaitu cationic (menukar cation dengan H+) dan anionic (menukar anion dengan OH). Setelah jenuh, resin cationic harus diregenerasi dengan asam (HCl atau H2SO4), sedangkan resin anionic diregenerasi dengan NaOH.

Translate »