Reverse Osmoses (RO)

Proses osmose adalah proses mengalirnya suatu cairan melalui suatu media, ke cairan lain, yang bersisi bahan terlarut dengan konsentrasi lebih tinggi. Sebagai ilustrasi, apabila kita memiliki air laut (mengandung garam konsentrasi tinggi) dan air tawar (mengandung garam konsentrasi rendah), kita pisahkan dengan membran, air akan mengalir dari air tawar ke air laut. Ini merupakan proses alamiah, yang terjadi karena perbedaan konsentrasi. Secara teoritis, aliran ini akan terus berlangsung, sampai konsentrasinya sama.

Reverse osmose merupakan kebalikan proses alamiah. Dalam Reverse osmoses, kita mengalirkan air, melewati membran, dari tempat yang konsentrasinya tinggi ke tempat yang kosentrasinya rendah. Karena proses ini berlawanan dengan proses alamiah, kita perlu memberikan tenaga (berupa tekanan), agar proses dapat berlangsung.

Reverse osmoses banyak digunakan, baik untuk mengolah air laut menjadi air tawar, maupun untuk mengilangkan bahan terlarut di dalam air tawar.

Membrane yang digunakan dalam RO dibuat dari bahan polymer. Karena RO dirancang untuk menyaring bahan terlarut (ukuran partikel < 0,001 mikron), maka air yang digunakan dalam proses RO harus sangat bersih dari bahan tak larut. Proses pretreatment yang paling baik untuk umpan RO adalah dengan ultra filter.

Translate »