Air merupakan media pendingin yang paling banyak digunakan. Dalam proses pendinginan, air akan menerima panas, sehingga harus didinginkan kembali (misalnya dengan cooling tower). Proses pemanasan dan pendinginan air ini akan menyebabkan naiknya kadar mineral di dalam air (karena sebagian air menguap). Satu saat, kadar mineral akan melampaui batas kelarutannya, dan menimbulkan kerak.

Air pendingin juga mengandung oksigen, terutama setelah melewati cooling tower, air akan jenuh dengan oksigen. Alat-alat yang digunakan dalam proses perpindahan panas umumnya dibuat dari logam (terutama besi). Oksigen yang terkandung dalam air akan mempercepat poses korosi.

Air juga merupakan media yang baik untuk pertumbuhan mikrobia. Air pendingin, terutama yang didinginkan kembali dengan cooling tower, sangat rentan terhadap pertumbuhan mikrobia. Mikrobia (terutama algae), di samping merupakan masalah tersendiri karena mengganggu proses pendinginan air dalam cooling tower, juga manambah masalah karena mempercepat proses korosi maupun pembentukan kerak.

Bahan kimia yang diperlukan untuk treatment air pendingin, yang disediakan PT Tirta Amerta Lestari antara lain adalah:

  1. Scale & corrosion inhibitor untuk air cooling tower
  2. Scale & corrosion inhibitor untuk air chiller
  3. Non oxydizing biocide untuk cooling tower
  4. Oxydizing biocide untuk cooling tower

Biocide untuk chiller

Comments are closed